Peningkatan Keterlibatan Alumni: Optimalisasi Tracer Study di Lingkungan Pendidikan Tinggi
Keywords:
alumni, Pendidikan tinggi, tracer studyAbstract
Tracer Study berfungsi sebagai alat utama dalam analisis karier alumni dan dampaknya pada dunia kerja. Relevansi tracer study dengan persyaratan akreditasi nasional di Indonesia menegaskan perannya dalam menilai kualitas pendidikan tinggi. Meskipun memiliki manfaat signifikan, tantangan utama terletak pada meningkatkan partisipasi alumni. Studi ini berfokus pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk mengoptimalkan pengisian tracer study oleh alumni angkatan 2022 di Universitas Bina Darma. Metode pelaksanaan melibatkan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi, dengan upaya peningkatan yang mencakup kontak langsung melalui WhatsApp, peringatan berkala, dan melalui grup alumni. Meskipun dihadapkan pada kendala seperti ketidakpercayaan terhadap kuesioner online dan ketidakpastian karier, pendekatan yang diambil berhasil meningkatkan partisipasi alumni secara signifikan. Hasil data menunjukkan peningkatan yang signifikan dari 30 menjadi 487 alumni yang berpartisipasi dalam tracer study setelah implementasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Peningkatan ini tidak hanya memberikan dampak positif pada proses akreditasi universitas, tetapi juga menyediakan data berharga untuk pengembangan kurikulum. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa pendekatan terstruktur dan upaya peningkatan keterlibatan alumni melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat berhasil mencapai hasil positif, mendukung penilaian kualitas pendidikan tinggi dan memberikan kontribusi signifikan untuk pengembangan dan perbaikan institusi.
References
Birowo, M. A. (2014). Kerjasama nilai utama yang dirasakan alumni UAJY. Yogyakarta: BERNAS JOGJA.
Fajaryati, N., Priyanto., Sukardiyono, T., Utami, A.D.W., Pambudi, S., & Destiana, B. (2015). Studi penelusuran (tracer study) terhadap alumni program studi pendidikan teknik informatika jurusan pendidikan teknik elektronika fakultas teknik universitas negeri yogyakarta. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1(1), 44-48.
Panduan Tracer Study http://tracerstudy.dikti.go.id/.
Rasiman, R., Cahyono, A.N., Sulianto, J., & Nurhadi, N. (2008). Penelusuran lulusan program studi pendidikan matematika IKIP PGRI Semarang melalui studi pelacakan (tracer study) sebagai umpan balik penyempurnaan kurikulum tahun 2008. Jurnal Media Penelitian Pendidikan, 2(2), 162-173.
Schomburg, H. (2003). Handbook for graduate tracer studies. Center for Research on Higher Education and Work: University of Kassel, Kassel, Germany.
Soemantri., Mukminan., Suparmini., & Nursa’ban, M. (2010). Kajian relevansi lulusan jurusan pendidikan geografi UNY tahun 2005 – 2009. Yogyakarta: FISE UNY.
Wasito, B., & Birowo, S. (2022). Analisis tracer study program studi sistem informasi dan teknik informatika pada institut bisnis dan informatika kwik kian gie periode lulusan tahun 2017 – 2021. Jurnal Informatika Dan Bisnis, 11(1), 1-8.

