Pelatihan Penyajian Data Penelitian Menggunakan Paket SPSS untuk Mempermudah Pemahaman Data pada Guru MGMP Matematika SMA Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Authors

  • Dewi Iriani Universitas Jambi Author
  • Husni Sabil Universitas Jambi Author
  • Muslim Muslim Universitas Jambi Author
  • Rina Kusuma Dewi Universitas Jambi Author

Keywords:

penyajian data, statistik deskriptif, SPSS, pelatihan, guru, MGMP

Abstract

Penyajian data merupakan langkah awal yang disajikan oleh peneliti untuk mempermudah para pembaca memahami data yang disajikan, data yang dimaksud disini adalah kuantitatif dari hasil penelitian, penyajian yang didiskusikan dalam makalah ini adalah penyajian data menggunakan paket SPSS, penyajian menggunakan perangkat ini lebih cepat digunakan sehingga dapat dipelajari dengan mudah melalui pelatihan. Kelemahan guru dalam menyajikan data salah satunya adalah menggunakan analisis statistik deskriptif dalam penyajian mean, median, modus, tabel frekuensi dan grafik, gambar, standar deviasi. Guru sering kali selama ini lakukan dalam penggunaan statistic deskriptif yakni dengan cara konvensional (rumus), tidak menggunakan software alat bantu (SPSS). Permasalahan yang menjadi kendala mitra pengabdian adalah sekolah yang para gurunya mengalami kendala dalam hal penyajian data statistik deskriptif. Kelemahan guru dalam menyajikan data salah satunya adalah menggunakan analisis statistik deskriptif dalam penyajian mean, median, modus, tabel frekuensi dan grafik, gambar, standar deviasi. Guru sering kali selama ini lakukan dalam penggunaan statistic deskriptif yakni dengan cara konvensional (rumus), tidak menggunakan software alat bantu (SPSS). Solusi yang diberikan yakni pelatihan yang dilakukan diberikan kepada guru- guru SMA sehingga dapat dengan mudah memahami data yang diperoleh untuk ditarik kesimpulan dari data yang mereka dapatkan. Penyampaian pelatihan ini dilakukan dengan metode ceramah dan diikuti metode demontrasi dalam menggunakan paket SPSS.

References

Birowo, M. A. (2014). Kerjasama nilai utama yang dirasakan alumni UAJY. Yogyakarta: BERNAS JOGJA.

Fajaryati, N., Priyanto., Sukardiyono, T., Utami, A.D.W., Pambudi, S., & Destiana, B. (2015). Studi penelusuran (tracer study) terhadap alumni program studi pendidikan teknik informatika jurusan pendidikan teknik elektronika fakultas teknik universitas negeri yogyakarta. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1(1), 44-48.

Panduan Tracer Study http://tracerstudy.dikti.go.id/.

Rasiman, R., Cahyono, A.N., Sulianto, J., & Nurhadi, N. (2008). Penelusuran lulusan program studi pendidikan matematika IKIP PGRI Semarang melalui studi pelacakan (tracer study) sebagai umpan balik penyempurnaan kurikulum tahun 2008. Jurnal Media Penelitian Pendidikan, 2(2), 162-173.

Schomburg, H. (2003). Handbook for graduate tracer studies. Center for Research on Higher Education and Work: University of Kassel, Kassel, Germany.

Soemantri., Mukminan., Suparmini., & Nursa’ban, M. (2010). Kajian relevansi lulusan jurusan pendidikan geografi UNY tahun 2005 – 2009. Yogyakarta: FISE UNY.

Wasito, B., & Birowo, S. (2022). Analisis tracer study program studi sistem informasi dan teknik informatika pada institut bisnis dan informatika kwik kian gie periode lulusan tahun 2017 – 2021. Jurnal Informatika Dan Bisnis, 11(1), 1-8.

Downloads

Published

2025-09-30