Lintas Budaya: Pelatihan Etno-Vlog Sebagai Media Pembelajaran IPA

Authors

  • Titis Wulandari Universitas Muhammadiyah Muara Bungo Author

Keywords:

Etno-Vlog, Media Pembelajaran, Pembelajaran IPA

Abstract

Perkembangan teknologi menuntut seluruh pihak ikut serta aktif dalam perkembangannya, terutama dibidang Pendidikan. Sehingga tenaga pengajar berperan dalam proses pengajan memotifikasi pembelajaran yang kreatif. Melalui kegiatan pengabdian ini diharapkan tenaga pengajar ikut serta dan terampil dalam memanfaatkan teknologi dalam proses pembejaran. Kegiatan pengabdain ini dilaksanakan di SMPN 3 Bungo dengan mengemas pelatihan etno-vlog dalam pembelajaran IPA berbasis kearifan lokal. Dari hasil kegiatan yang telah dilaksanakan tenaga Pendidikan berperan aktif dalam mengikuti kegitan tersebut, serta tenaga pendidik ikut andil dengan baik dalam kegiatan pengabdian tersebut.

References

Alang, H., & Sri Yusal, M. (2022). Kreativasi journal of community empowerment. Journal of Community Empowerment), 1(2).

Awal, R., Sari, E., & Martalasari, M. (2023). Sosialisasi Etno-Vlog Sebagai Media Pembelajaran Kekinian Terintegrasi Local Knowledge. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(5), 613–620. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1140

Badar, S., Muhammad, D. H., & Susandi, A. (2022). Konsep pendidikan karakter anak usia dini menurut kihajar dewantara dan maria montessori. Al-muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 4(1). https://doi.org/10.46773/muaddib.v4i1.188

Febrianto, A., & Saputra, N. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Inovatif dengan VideoScribe Bagi Guru SDN Malangrejo. Community Empowerment, 6(1). https://doi.org/10.31603/ce.3835

Hakiki, M., Apdoludin, Wulandari, T., Sabir, A., & Pitra, D. H. (2023). Workshop dan Pelatihan Penerapan E-Learning (Learning Management System) Melalui Manajemen Kelas Pada SMK Negeri 6 Muara Bungo. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(1). https://doi.org/10.33379/icom.v3i1.2256

Hidayat, A. (2024). Mobile Assisted Language Learning (MALL) to Enhance English Language Learning: Ideas and Constraints. Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia, 4(1), 46-56.

Priana, R. Y. S. (2017). Pemanfaatan Vlog sebagai Media Pembelajaran Terintegrasi Tekhnologi Informasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan fkip untirta 2017.

Rahman, a., munandar, s. A., fitriani, a., karlina, y., & yumriani. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al urwatul wutsqa: kajian pendidikan islam, 2(1), 1–8.

Sari, s. (2019). Literasi media pada generasi milenial di era digital. Profesional: jurnal komunikasi dan administrasi publik, 6(2). Https://doi.org/10.37676/professional.v6i2.943

Tanjung, y. I., lufri, l., mufid, f., andromeda, a., & wulandari, t. (2023). Model dan pengaruh pembelajaran berdiferensiasi pada pendidikan ipa: tinjauan literatur sistematis. Elementary school journal pgsd fip unimed, 13(1). Https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i1.42751

Tujantri, h., wulandari, t., prasetyo, o. D., & saputra, N. W. (2022). Peningkatan Literasi Sains Menggunakan Metode Problem Based Learning Berbasis Pembelajaran Smart Classroom Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 255–261. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.882

Wulandari, T., Wera Agrita, T., & Hidayatullah, K. (2020). Analisis perbandingan perkuliahan online dan offline terhadap mahasiswa stkip muhammadiyah muara bungo. The 2stNational Conference on Education, Social Science, and Humaniora, 2(1).

Zulkarnaen, M. (2022). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di era milenial. AL MA’ARIEF: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 4(1).

Downloads

Published

2025-09-30