Workshop Pendampingan Penulisan “Best Practice” bagi Guru MGMP Bahasa Inggris SMP di Muaro Jambi

Authors

  • Eddy Haryanto Universitas Jambi Author
  • Robi Hendra Universitas Jambi Author

Keywords:

MGMP, guru, pembelajaran, profesionalisme guru, pendampingan

Abstract

MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) adalah wadah bagi guru untuk berbagi informasi terkait pengembangan kurikulum, persiapan RPP, dan solusi pembelajaran menyenangkan. MGMP berperan penting dalam mendukung pengembangan profesionalisme guru yang dituntut lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kegiatan ini diikuti oleh guru mata pelajaran PNS maupun honorer. Program implementasi dilakukan melalui pendampingan dan pelatihan guru MGMP bahasa Inggris SMP di Kabupaten Muaro Jambi. Langkahnya meliputi: penyediaan pengetahuan tentang pengembangan kemampuan menulis best practice dan meningkatkan retensi guru dalam merancang best practice; diskusi kelompok; dan evaluasi serta diskusi program yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah selama pendampingan guna perbaikan ke depan.

References

Abdul Majid, 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung, TP Rosdakarya. Belawati, 2003. Materi Pokok Pengembangan Bahan Ajar Edisi Kesatu. Jakarta,

Universitas Terbuka.

Borg, W. R. & Gall, M. D. (2003). Educational research: an introduction (7th ed.).

New York: Longman, Inc.

Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. 1989. Educational Research: An Introduction, (5th ed.). New York: Longman.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Pengembangan Bahan Ajar dan Media.

Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Pengembangan Materi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Atas.

Dit PSMP Kemdiknas. 2010. Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat PSMP Kemdiknas.

Djunaidi, A. 1987. Pengembangan Bahan ajar Pengajaran Bahasa Inggris berdasarkan Pendekatan Linguistik Kontrastif (Teori dan Praktek). Jakarta: Dirjen Dikti

Kemdiknas. 2008. Sosialisasi K13: Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Kemdiknas.

Downloads

Published

2025-09-30